Skip to main content

Domain Name System (DNS)

Domain Name System (DNS) merupakan sebuah server yang mengkonversi alamat sebuah Host mejadi sebuah IP Address. Dalam dunia internet, komputer berkomunikasi satu sama lain dengan mengenali IP Address-nya. Namun bagi manusia tidak mungkin menghafalkan IP address tersebut, manusia lebih mudah menghapalkan kata-kata seperti www.google.com, www.yahoo.com, atau www.facebook.com. DNS berfungsi untuk mengkonversi nama yang bisa terbaca oleh manusia ke dalam IP address yang bersangkutan untuk dihubungi.

Berikut cara kerja DNS :
1. Ketika kita mengetik www.google.com pada Browser, maka host kita akan meghubungi name server lokal (biasanya terletak pada jaringan ISP) untuk menanyakan IP address dari www.google.com. Jika data itu ada di dalam cache server DNS server lokal, maka server tersebut akan memberikan alamat IP tersebut ke Browser, jika tidak ada, maka server tersebut akan mengontak server DNS diatasnya (biasanya disebut Root DNS server).

2. Root DNS server akan memberitahu IP address dari server DNS dari google.com kemudian alamat itu dikirim ke server DNS lokal kita. Server DNS lokal akan mengontak Server DNS google.com untuk menanyakan alamat IP dari google.com, dan Server DNS google.com memberikan data alamat IP google.com. Server DNS lokal memberitahu alamat IP untuk ww.google.com kepada Browser/Client (PC kita) Kemudian kita menggunakan alamat itu untuk diisikan ke dalam IP Packet untuk menghubungi google.com.

 Untuk lebih jelas lagi, berikut ada video yang mejelaskan cara kerja DNS :D


Comments

Popular posts from this blog

Add User dan Add Port di CentOs for SSH

Hari ni saya lagi semangat2nya ngoprek CentOs nih, Buat domumentasi and sharing juga bagaimana cara Add user dan Add port di Centos untuk keperluan login di SSH :D Add user yaitu berguna untuk menambahkan user account pada Centos sedangkan Add port berguna menambahkan port pada jalur SSH. /XD

Senam Pengguna Komputer

Duduk di depan komputer untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kekakuan pada leher dan bahu dan nyeri punggung bagian bawah . L akukan senam peregangan ini setiap jam atau lebih sepanjang hari , atau kapan saja anda merasa kaku .

Remote VPS dengan VNC

Virtual Network Computing ( VNC) adalah salah satu program yang berfungsi untuk me-remote komputer di mana pun anda berada, selama komputer anda masih terkoneksi dengan internet. Tutor kali ini saya akan menginstall VNC SERVER di Centos 6.3