Skip to main content

Proxy

Proxy adalah komputer server atau program yang menerima permintaan (request) dari klien, seperti browser web (Internet Explorer, Firefox, Opera, Chrome)  dan kemudian meneruskan permintaan tersebut ke server internet yang dituju.





Menggunakan Proxy server memiliki banyak keuntungan:
1. Menyembunyikan alamat IP untuk anonim dan keamanan
2. Cache isi dari situs (mempercepat surfing)
3. By Pass Firewall
4. Akses ke situs web dibatasi (block)
5. Kompres data
6. Filter konten


Ada beberapa Jenis Proxy, berikut pembahasannya:

Apa arti dari "no proxy"??
Kebanyakan pengguna internet tidak menggunakan proxy yang berarti permintaan HTTP anda dikirim langsung dari komputer ke server, sehingga tidak ada privasi atau manfaat caching.
Sebuah sistem "non proxy" akan menampilkan informasi berikut:

REMOTE_ADDR = Alamat IP anda sebenarnya
HTTP_VIA = kosong
HTTP_X_FORWARDED_FOR = kosong

Apa arti dari "Transparent Proxy(L3)"?
Transparan proxy adalah server proxy normal yang sebenarnya tidak meningkatkan privasi online Anda. Transparan proxy dapat memberikan satu manfaat dengan caching halaman yang sering diakses dan proses ini mengurangi waktu download dan mempercepat akses bagi perusahaan client. Banyak juga menggunakan sistem ini untuk keperluan penyaringan. Sebuah Transparent Proxy akan menampilkan informasi berikut:

REMOTE_ADDR = proxy Alamat IP
HTTP_VIA = Alamat IP proxy
HTTP_X_FORWARDED_FOR = Alamat IP Anda sebenarnya 

Apa arti dari "Anonymous Proxy"?
Anonymous Proxy menawarkan manfaat caching Transparent Proxy, dan menyembunyikan alamat IP dengan cara mengganti dengan proxy IP, atau sebuah IP acak. Anonymous proxy server tidak mengirimkan HTTP_X_FORWARDED_FOR variabel ke tuan rumah, ini meningkatkan privasi karena alamat IP Anda tidak dapat login. Proxy anonim akan menampilkan informasi berikut:

REMOTE_ADDR = proxy Alamat IP
HTTP_VIA = alamat IP proxy
 HTTP_X_FORWARDED_FOR = alamat IP proxy atau ip acak

Apa arti dari "Highly Anonymous" atau "Elite Proxy"??
Seorang yang sangat anonim membuat sistem Anda terlihat sama sebagai sebuah sistem non-proksi. Hal ini memberikan keamanan yang terbaik dan tidak ada cara untuk mendeteksi proxy elit.
Server anonimitas tinggi tidak mengirimkan HTTP_X_FORWARDED_FOR, HTTP_VIA dan variabel HTTP_PROXY_CONNECTION. Host bahkan tidak tahu Anda menggunakan server proxy dan tentu saja tidak tahu alamat IP. Sebuah high anonymous proxy akan menampilkan informasi berikut:

REMOTE_ADDR = proxy Alamat IP
HTTP_VIA = kosong
HTTP_X_FORWARDED_FOR = kosong 

Apa arti dari "SOCKS"?

Socks proxy adalah proxy serbaguna untuk semua penggunaan aplikasi, sedangkan http proxy hanya dapat digunakan untuk berselancar.
Ada dua versi socks proxy: versi 4 dan 5. Socks5 mendukung UDP , resolusi nama dan otentikasi, sementara Socks4 tidak. UDP (User Datagram Protocol) merupakan protokol sederhana dan lebih cepat dari TCP (Transmission Control Protocol), tapi tidak bisa diandalkan sehingga biasanya digunakan untuk mentransfer suara dan video, bukan file. Hanya Socks5 yg mendukung UDP proxy.

Anda dapat menggunakan Socks5/4 proxy untuk mengirim email, transfer file, chat online, bermain game serta situs web surfing.
Semua Socks4/5 proxy adalah anonim sedangkan http proxy dapat menyembunyikan identitas atau transparan. Semua Socks4/5 proxy mendukung https/ssl sementara http proxy hanya beberapa saja yg mendukung https.

Berikut ane tambahin Video bagaimana Proxy berkerja :


Comments

Popular posts from this blog

Add User dan Add Port di CentOs for SSH

Hari ni saya lagi semangat2nya ngoprek CentOs nih, Buat domumentasi and sharing juga bagaimana cara Add user dan Add port di Centos untuk keperluan login di SSH :D Add user yaitu berguna untuk menambahkan user account pada Centos sedangkan Add port berguna menambahkan port pada jalur SSH. /XD

Senam Pengguna Komputer

Duduk di depan komputer untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kekakuan pada leher dan bahu dan nyeri punggung bagian bawah . L akukan senam peregangan ini setiap jam atau lebih sepanjang hari , atau kapan saja anda merasa kaku .

Remote VPS dengan VNC

Virtual Network Computing ( VNC) adalah salah satu program yang berfungsi untuk me-remote komputer di mana pun anda berada, selama komputer anda masih terkoneksi dengan internet. Tutor kali ini saya akan menginstall VNC SERVER di Centos 6.3