Skip to main content

VPS dan VPN


Virtual Private Server (VPS) adalah teknologi server side tentang operating system dan software yang memungkinkan sebuah mesin dengan kapasitas besar dibagi ke beberapa virtual mesin. Tiap virtual mesin ini melayani operating system dan software secara independen dan dengan konfigurasi yang cepat.

VPN (Virtual Private Network) adalah jaringan bersifat private dan aman dengan menggunakan jaringan publik misalnya internet. VPN dapat mengirim data antara dua komputer yang melewati jaringan publik sehingga seolah-olah terhubung secara point to point. Data dienkapsulasi (dibungkus) dengan header yang berisi informasi routing untuk mendapatkan koneksi point to point sehingga data dapat melewati jaringan publik dan dapat mencapai akhir tujuan.




Sedangkan untuk mendapatkan koneksi bersifat private, data yang dikirimkan harus dienkripsi terlebih dahulu untuk menjaga kerahasiaannya sehingga paket yang tertangkap ketika melewati jaringan publik tidak terbaca karena harus melewati proses dekripsi. Proses enkapsulasi data sering disebut tunneling.

Hubungan VPS dengan VPN adalah VPS adalah layaknya komputer virtual yang bisa kita install apa saja ,sedangkan VPN adalah sarana atau softwarenya yang harus di install di VPS tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Add User dan Add Port di CentOs for SSH

Hari ni saya lagi semangat2nya ngoprek CentOs nih, Buat domumentasi and sharing juga bagaimana cara Add user dan Add port di Centos untuk keperluan login di SSH :D Add user yaitu berguna untuk menambahkan user account pada Centos sedangkan Add port berguna menambahkan port pada jalur SSH. /XD

Senam Pengguna Komputer

Duduk di depan komputer untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kekakuan pada leher dan bahu dan nyeri punggung bagian bawah . L akukan senam peregangan ini setiap jam atau lebih sepanjang hari , atau kapan saja anda merasa kaku .

Remote VPS dengan VNC

Virtual Network Computing ( VNC) adalah salah satu program yang berfungsi untuk me-remote komputer di mana pun anda berada, selama komputer anda masih terkoneksi dengan internet. Tutor kali ini saya akan menginstall VNC SERVER di Centos 6.3