Skip to main content

Headset



Headphone merupakan aksesoris komputer yang berfungsi sebagai alat bantu untuk mendengarkan audio di komputer.

1. Bentuk dan style headphone
Ada 3 macam bentuk headphone yaitu over ear (model headphone/ speaker menutupi seluruh telinga), earbuds (model headphone/ speaker menempel di lubang telinga tapi tidak masuk) dan in ear(model earphone / speaker yang masuk ke lubang telinga).

2. Kegunaan headphone

Anda juga harus menentukan headphone jenis apa dengan dengan selera musik yang anda suka. Seperti lagu metal, hip hop cocok dengan headphone tipe Warm (output suara cenderung bass, suara bass jedag jedug, suara agak kecil). Aliran rock, klassik cocok dengan Bright (output suara cenderung treble) atau Natural (treble dan bass seimbang) dsb.

3. Spesifikasi headphone
a. Frekuensi
Kemampuan headphone dalam merespon frekuensi gelombang suara. Contoh: 6.000 Hz - 28.000 Hz. Headphone yang bagus memiliki rentang frekuensi yang besar, semakin lebar rentangnya semakin baik. Semakin rendah frekuensi bawahnya semakin baik karena headphone bisa memperdengarkan suara-sauara berfrekuensi rendah. Selain itu semakin tinggi frekuensi atasnya semakin baik. Mungkin aja ada beberapa suara yang tidak terdengar selama ini jadi muncul.

b. Impedance (hambatan)
Untuk Impedance, semakin besar itu belum tentu semakin baik atau sebaliknya. Namun dapat disesuaikan dengan selera kita. Biasa-nya Headphone memilki impedance >= 32 ohm.

c. Sensitifitas
Sensitifitas headphone ditunjukan oleh tuliasn SPL (Sound Pressure Level) dalam satuan mW (mili Watt) atau kalau di kemasannya langsung ditulis desiBel. Contoh: 114 dB. Dari sini kita bisa mengetahui seberapa keras suara yang dapat dikeluarkan oleh sebuah headphone. Semakin besar angkanya semakin keras suaranya, jadi gak perlu ngebesarin volume player kita. Tapi tetap harus hati-hati karena dengan angka yang besar bisa menggangu fungsi pendengaran kita bahkan kerusakan pendengaran secara permanen. Amannya, carilah headphone yang memiliki sensitifitas < 85dB. Tapi kebanyakan sekarang di pasaran sensitifitas headphone adalah > 100 dB.

Comments

Popular posts from this blog

Add User dan Add Port di CentOs for SSH

Hari ni saya lagi semangat2nya ngoprek CentOs nih, Buat domumentasi and sharing juga bagaimana cara Add user dan Add port di Centos untuk keperluan login di SSH :D Add user yaitu berguna untuk menambahkan user account pada Centos sedangkan Add port berguna menambahkan port pada jalur SSH. /XD

Senam Pengguna Komputer

Duduk di depan komputer untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kekakuan pada leher dan bahu dan nyeri punggung bagian bawah . L akukan senam peregangan ini setiap jam atau lebih sepanjang hari , atau kapan saja anda merasa kaku .

Remote VPS dengan VNC

Virtual Network Computing ( VNC) adalah salah satu program yang berfungsi untuk me-remote komputer di mana pun anda berada, selama komputer anda masih terkoneksi dengan internet. Tutor kali ini saya akan menginstall VNC SERVER di Centos 6.3