Skip to main content

Komputer dan Cara Kerjanya



Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Komputer merupakan sebuah alat elektronik yang mampu melaksanakan tugas diantaranya adalah menerima input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpan perintah2 hasil pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.


Komputer terdiri atas tiga elemen sistem yaitu Hadrware, Software dan Brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (Brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
1. Hardware atau Perangkat Keras: peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa di jamah. Contoh : Input/Output Device, CPU, Memory dll.
2. Software atau Perangkat Lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data. Contoh: Microsoft Office, Photoshop dll.
3. Brainware yaitu manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.


Komponen utama sebuah Komputer :
1. INPUT Device merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer. Contoh: Keyboard, Mouse, Joystick dan lain-lain.
2.  Processor (CPU) adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu ;
Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).
3. Memory adalah media penyimpan data pada computer, memori terbagi atas dua macam, yaitu:
Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik.
Random Access Memori (RAM), dari namanya kita dapat artikan bahwa RAM adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemproses data pada komputer.
4. OUTPUT Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, Contohnya printer, speaker, monitor dll.


Sehingga dapat diketahui bahwa cara kerja komputer adalah diawal dengan memasukkan data dari perangkat input kemudian data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai dengan yang kita inginkan kemudian menampilkan hasil tersebut pada perangkat output.

Untuk lebih jelas lagi, kita dapat menonton video berikut :


Moga Bermanfaat /dignose

Comments

Popular posts from this blog

Add User dan Add Port di CentOs for SSH

Hari ni saya lagi semangat2nya ngoprek CentOs nih, Buat domumentasi and sharing juga bagaimana cara Add user dan Add port di Centos untuk keperluan login di SSH :D Add user yaitu berguna untuk menambahkan user account pada Centos sedangkan Add port berguna menambahkan port pada jalur SSH. /XD

Senam Pengguna Komputer

Duduk di depan komputer untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kekakuan pada leher dan bahu dan nyeri punggung bagian bawah . L akukan senam peregangan ini setiap jam atau lebih sepanjang hari , atau kapan saja anda merasa kaku .

Remote VPS dengan VNC

Virtual Network Computing ( VNC) adalah salah satu program yang berfungsi untuk me-remote komputer di mana pun anda berada, selama komputer anda masih terkoneksi dengan internet. Tutor kali ini saya akan menginstall VNC SERVER di Centos 6.3